Mary Martin Booksellers
Mary Martin Booksellers
Mary Martin Booksellers
MaryMartinBooksellers
Back Book Title Ritual dan Dinamika Hidup Orang Rongga: Tradisi Lisan Dalam Wacana Etno-Ekologi

USD 18.00
(Book Not in Ready Stock, will take 45-60 days to source and dispatch)

Ritual dan Dinamika Hidup Orang Rongga: Tradisi Lisan Dalam Wacana Etno-Ekologi
title_underline_icon

- Ni Wayan Sumitri
- Indonesia
- Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Indonesia
- 9786024336653
- 2018
- 126p.
- 200 gms.
-
Select your Country : 

Shipping Charges would be $ 16.0 for 200 gms.

View Shipping
-
   
title_underline_icon
Dalam konteks pemertahanan tradisi budaya lokal terbitnya buku ini, merupakan kulminasi dari penelitian yang panjang. Rongga adalah salah satu dari etnis di Flores yang bahasa dan budayanya kini telah diteliti dengan baik. Ini dimulai secara intensif dengan proyek penelitian dokumentasi oleh Arka yang dilalukan lewat hibah ELDP (Endangered Language Documentation Programmer) London (2004-6), dilanjutkan dengan sederetan penelitian lain oleh mahasiswa Pascasarjana Linguistik Universitas Udayana, termasuk oleh penulis buku ini.
 Buku ini membahas ritual dan dinamika hidup orang Rongga, dengan fokus kajian ritual dhasa jawa. Ritual dhasa jawa, dan juga ritual-ritual lain orang Rongga, sarat dengan nilai-nilai budaya yang mengandung estetika, yang berisi berbagai pesan historis, tuntunan moral dan etika, serta penunjuk hidup praktis dalam konteks hubungan manusia secara sosial-religius, dan interaksinya secara ekologis dengan alam. Buku ini memaparkan kekayaan ritual dhasa jawa dalam berbagai aspek nilai-nilai budaya ini, yang terbungkus dalam medium bahasa (verbal), dan aspek-aspek non-verbal terkait dalam budaya Rongga, seperti sarana ritual dan konteks waktu serta tempatnya. Aspek pewarisan dan dinamika perubahan dalam konteks Rongga kotemporer juga dibahas secara mendalam dalam bab tersendiri.
 Publikasi penelitian ilmiah menjadi sangat penting, terutama untuk bahasa dan budaya masyarakat minoritas yang terpinggirkan/terancam punah, seperti Rongga. Ini karena hasil penelitian yang demikian menjadi prayarat untuk bisa dilakukan langkah-langkah revitalisasi bahasa dan budaya lebih lanjut yang tepat dan terukur. Dalam konteks inilah, buku ini yang mendokumentasikan ritual dhasa jawa dengan berbagai aspeknya, menjadi penting sebagai acuan yang lengkap, baik secara praktis maupun ilmiah untuk penelitian lebih lanjut. Buku ini akan sangat bermanfaat bagi peneliti, mahasiswa serta pemerhati etnolinguistik/linguistik, dan juga masyarakat lokal Rongga maupun masyarakat pada umumnya.

Mary Martin Booksellers